#Introvert (1) - am I an Introvert ?????

Posted: Minggu, 17 April 2011 by Hazirur Rohman in Label: ,
0


Beberapa hari kemaren, nyoba iseng salah satu test personality, dan ya hasilnya 95% klo gw introvert dan 14% extrovert. Walaupun hasilnya belum tentu bener, tapi agak penasaran juga tentang introvert. Penasaran dengan introvert, coba googling2, dapet juga beberapa istilah tentang introvert.

Introvert Personality adalah suatu karakter pribadi yang bersifat individu dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok atau lebih suka menyendiri di rumah daripada harus berkumpul dengan orang lain atau memilih berjam-jam duduk di depan komputer. Tapi tidak semua introvert bersikap seperti itu, tidak sedikit orang yang introvert yang suka berkelompok dan membicarakan sesuatu dengan temannya walaupun kebanyakan hanya suka membicarakannya atau melakukan hal-hal yang dianggapnya bermanfaat atas berbagai alasan.

Dan ada beberapa hal lagi yang menjelaskan tentang karakter ini. Kaum introvert tidak selamanya pemalu. Orang pemalu adalah orang yang merasa cemas atau takut atau menampik dari lingkungan sosial; Orang introvert umumnya tidak seperti itu, orang introvert umumnya tidak anti orang lain meski sebagian sepakat dengan pernyataan “sarapan bersama orang lain adalah neraka”. Mungkin lebih tepatnya introvert adalah mereka yang merasa bahwa orang lain itu adalah sesuatu yang melelahkan. * hmmm,,, kayaknya perlu digaris bawahi kata orang lain kali ya, karena klo sama orang yang kita kenal baik, tentunya bukan sesuatu hal yang melelahkan.

Orang introvert didunia ini bukanlah golongan mayoritas. Menurut para ahli psikologi, orang introvert didunia lebih sedikit dibandingkan dengan karakter extrovert yaitu sekitar 25% dari total populasi. Hal ini menunjukkan bahwa orang introvert adalah kaum minoritas yang artinya sangat sedikit kesempatan buat orang introvert untuk unjuk gigi di bumi yang luas ini. Ada beberapa tokoh yang tergolong introvert diantaranya Bill Gates, Michael Jordan, Albert Einstein, Mahatma Gandhi, etc..

Orang introvert mempunyai kelebihan, mereka cenderung bisa menyelesaikan permasalahannya sendiri tanpa tergantung pada orang lain. Kebanyakan orang introvert adalah orang yang mandiri * bukan mandi sendiri atau nabungnya di bank ma****i ya hahaa* dan biasanya orang introvert menyelesaikan masalahnya sendiri dengan kiat-kiat yang inovatif. Tipe Introvert biasanya Bijaksana dan bisa memecahkan problem org lain asal orang itu mau minta nasihatnya, makanya cocok jadi tempat curhat, tapi kalau gak ya tipe introvert itu termasuk orang yg 'mahal bicaranya' Jadi kalau ada org yg diajak bicara sama tipe tersebut berarti dia beruntung *waw,, ayo siapa yang mau jadi orang yang beruntung hahaaa

Orang introvert itu biasanya banyak mikir dan memiliki pemikiran yang jauh, maka itu orang introvert lebih sedikit berbicara, karena dia selalu memikirkan apa yang akan dia katakan, misalnya apa itu pantas dibicarakan, apa perlu untuk dibicarakan, apa kira-kira jawaban yang akan diberikan orang lain, dsb. Dari situ keliatan juga orang intovert cenderung perfeksionis.

Orang intovert juga suka memendam masalahnya sendiri, dia jarang berbagi masalahnya atau menceritakan kehidupannya ke orang lain, dia juga mempunyai self-blaming yang gede (suka nyalahin diri ndiri), yang akhirnya jadi depresi, dan emosian. Tipe ini cuma mau terbuka dgn org yang udah bener-bener dia percaya.


Dari Sekilas penjelasan ini sepertinya cukup untuk menggambarkan kepribadian seorang introvert. Dan gw pun mulai membandingkannya dengan diri gw sendiri.. dan ya klo bisa lebih dari 100%, 1 ton % pun gw setuju klo gw seorang introvert. Ya beberapa orang bilang gw orang yang tertutup * nutupnya make apa ya hahha *, Bisa dibilang orang tertutup karena masih belum menemukan sebuah kepercayaan untuk membuka diri, atau lebih gampangnya orang yang susah percaya dengan orang lain atau menganggap “ nggak penting kalee untuk diceritakan”. Tentang yang katanya kelebihan orang introvert, ga tau ni sebenernya kelebihan atau kelemahan, ya memang bener, gw lebih cenderung terbiasa menyelesaikan masalah gw sendiri tanpa harus merengek minta belas kasihan orang. Gw tidak mengingkari klo gw seorang introvert, klo toh gw introvert berarti gw harus belajar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tanpa harus menjadi orang lain. Yah, butuh perjuangan emang untuk bisa socialize, coz basically i’m prefer to be alone. Tapi anehnya, sometimes i’m sick of solitude.

Aku adalah aku dengan segala kekuranganku.
Apakah kamu seorang introvert??
Buat orang-orang introvert diseluruh dunia, Salam Introvert

0 komentar: