GREASEMONKEY Sang SCRIPT MANAGER

Posted: Selasa, 19 April 2011 by Hazirur Rohman in Label:
2


Greasemonkey?? , ya awalnya bingung ini monyet jenis apaan ya, jenis baru atau monyet hasil kloningan atau apa lah. Ternyata ini bukan nama hewan lho, greasemonkey adalah salah satu add ons dari mozilla firefox. yang berfungsi sebagai script manager di dalam firefox sehingga kita bisa menambahkan bermacam-macam javascript yang dapat membantu dan memberi kita nilai lebih dalam berselancar di dunia maya.
Biar lebih jelas, caranya menggunakan add ons ini, langkahnya-langkahnya * bukan sok tau ni, cuma ingin berbagi, karena baru tau juga hahaa *

1. Buka firefox lalu klik menu Tool->add-ons, untuk memunculkan jendela add-ons.
2. Pada tab Get add-ons masukkan kata kunci "greasemonkey" lalu enter untuk melakukan pencarian.
3. Setelah greasemonkey ditemukan klik "add to firefox" dan tunggu hingga muncul jendela yang berisi pertanyaan apakah anda yakin menginstall add-ons tersebut. Klik "Install Now"
4. Tunggu hingga proses instalasi selesai, jika langkah-langkah installasi diatas sudah benar maka pada add-ons yang diinstal akan muncul keterangan "Install Complete".

Setelah terinstall, maka kira harus me-restart firefox kita. Jika install kita berhasil maka akan muncul icon greasemonkey yang berupa kepala monyet. Setelah itu kita tinggal cari script yang ingin kita pasang. Misalnya kita ingin memasang emotican bar pada facebook chat kita. Caranya gampang kok

1. Buka www.userscript.org dari firefox..
2. Kemudian ketik kata kunci di form pencarian untuk mencari script yang ingin dipasang pada greasemonkey, sebagai contoh kita pakai keyword "Facebook chat" maka akan ditampilkan berbagai script yang berhubungan dengan facebook chat..
3. Pada contoh ini coba klik script yang bertuliskan "Facebook Chat Emoticons Bar" (script ini berguna untuk menampilkan daftar emoticon yang digunakan untuk chat di facebook pada chat box).

4. Setelah itu akan muncul deskripsi dari script yang kamu pilih berikut penjelasan tentang kegunaannya, pada bagian kanan atas terdapat tombol bertuliskan "Install". Klik tombol itu untuk menginstall script tersebut ke greasemonkey.Tunggu beberapa saat, maka akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.

5. Klik tombol install, maka proses installasi script telah berhasil.
Untuk melihat hasilnya maka bukalah facebok dan cobalah buka chatbox kamu, jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar hasilnya kurang lebih akan seperti ini :

Catatan : Untuk menambahkan emoticon maka kamu tinggal klik gambar emoticon tersebut lalu enter.

tidak hanya facebook lho yang bisa kita sulap dengan greasemonkey, blogger, yahoo pun bisa kita ubah.
Oke, selamat mencoba

2 komentar:

  1. ayo dicoba,
    gw dah coba dong
    bisa buat tags juga lho di blogger