#Galau-18 Perjalanan Penelitian (1)

Posted: Senin, 19 Maret 2012 by Hazirur Rohman in Label:
0


Yeaaah,, akhirnya dimulai juga setelah sekian lama terombang-ambing perbedaan metodologi antara kedua dosen pembimbing.. Setelah keduanya bertatap muka secara langsung dan ngobrol lebih lanjut akhirnya dicapai kesepakatan metodologi proyek ini.. walaupun buat gw, tetep aja membingungkaan 

Minggu Pertama

Senin, 5 maret
Cuma nge’gaje’ di lab.. oh iya nama labnya “Laboratorium Bioteknologi Hewan” lantai paling atas PAU..
Ngamatin orang2 kerja di lab, kemudian disuruh list peralatan yang dibutuhkan,, ngelist alat pun bingung.. Tanya sana sini akhirnya fix juga dibuat, walaupun kata si ibu lab nya,, buat apa tabung schott sebanyak ini, yakin cawan petrinya cuma segini??.. hwaaa,, bingung, ya sudahlah, ntar kalo kurang tinggal minta lagi kan bu,, :)

Selasa, 6 maret
Hwaaa,, masih anak baru, belum punya alat apa2,, hari ini di kasih loker yang kemudian dengan bangganya gw kasih nama “HAZI” :P.. ternyata tidak semua alat disediain, setelah tanya2 akhirnya ngabur lah ke Bara, ngabisin duit beli alat-alat lagii semacam box, tissue, alkohol, aluminium foil, gunting, isolatip, plastic tahan panas, dan semacamnya.. habislah duit awak.. balik ke lab lagi, bersihin loker dan nyusun alat2 baru hahaa..

Rabu, 7 Maret
Akhirnya alat yang di list hari senen dikasih jugaa, banyak juga ya, hari ini cuma berurusan dengan alat-alat itu, ngasih nama 100 cawan petri, erlenmeyer, tabung schott dan teman-temannya

Kamis, 8 Maret
Tentunya untuk kerja mikrobiologi semua alat harus di sterilisasi, dan hari ini pun mulai nyoba sterilisasi.. cawan di semprot alcohol, di lap tissue, di bungkus kertas, di plastic, diiket, baru masukin autoklaf.. hwaa, baru pertama kalii, masih bingung, bungkus cawannya pun diajarin dulu hahahaa apalagi ngoperasiin autoklafnya.. autoklaf sih cuma 20 menit,, tapi kenyataannya bisa nyampe 2 jam, nungguin suhu naik, stabil, trus turun lagii.. lamonyooo..



Jum’at, 9 Maret
Mulai buat media.. karena ini isolate yang mau digunain proteolitik, maka media yang digunain itu dari susu skim, susu nya pun ga tanggung2, susu anlene yang low fat ahahaa.. buat media nya pun agak berbeda dengan media-media lain, dimana agar dan skimnya ga boleh disatuin dulu.. sterilisasinya pun berbeda,, karena takut susunya menggumpal dan kaseinnya rusak, sterilisasi susu skim cukup 5 menit dengan suhu 110oC sementara bagian agar dan nutrient broth sama dengan sterilisasi alat.
Setelah semua media di sterilisasi, media baru digabungin jadi satu di ruang laminar, nuanginnya juga harus cepat takut terkontaminasi, udah digabungin baru dituangin ke cawan petri.. hari ini cuma dapet 16 cawan petri.. setelah padat, cawan di seal.. kemudian didiamin satu hari, karena besok sabtu, tak apa2lah baru diperiksa hari senen hhahaha..

0 komentar: