Membran

Posted: Kamis, 02 Februari 2012 by Hazirur Rohman in Label: ,
0



Membran adalah selaput semi permeabel yang melewatkan spesi tertentu dan menahan spesi yang lain berdasarkan pada ukuran spesi yang akan dipisahkan. Spesi yang memiliki ukuran besar akan tertahan dan yang berukuran lebih kecil akan dilewatkan (Mulder, 1996). Menurut Osada dan Nakagawa (1992), membran adalah selaput semi permeabel berupa lapisan tipis yang memisahkan dua fase dengan cara menahan komponen dan melewatkan komponen yang lain.

Prinsip operasi pemisahan menggunakan membran adalah memisahkan bagian tertentu dari umpan menjadi retentat dan permeat. Retentat merupakan bagian yang ditahan oleh membran, sedangkan permeat adalah bagian yang dilewatkan oleh membran.

Menurut Mulder (1996) dan Wenten (1999), membran dapat diklasifikasikan berdasarkan keberadaan, morfologi, fungsi dan bentuk. Berdasarkan keberadaannya membran dibagi menjadi dua golongan yaitu :
(1) Membran alamiah yang terdapat di dalam jaringan tubuh organisme
(2) Membran sintetik yaitu membran yang dibuat secara sengaja untuk kebutuhan dan disesuaikan dengan sifat membran alamiah.

Berdasarkan morfologinya, membran dibagi menjadi dua golongan yaitu membran asimetrik dan simetrik. Membran asimetrik mempunyai struktur pori yang tidak seragam sedangkan membran simetrik mempunyai struktur pori yang seragan. Beradasarkan fungsinya, membran dibagi menjadi membran mikrofiltrasi untuk menyaring molekul lebih dari 500.000 g/mol, membran ultrafiltrasi untuk menyaring makromolekul lebih dari 5000 g/mol, membran osmosa balik untuk menyaring garam-garam organik lebih dari 50 g/mol, membran dialisa untuk memisahkan larutan koloid yang mengandung elektrolit dengan BM kecil dan membran elektrodiosa untuk memisahkan larutan dengan membran melalui pemberian muatan listrik.

Membran beradasarkan bentuknya dibagi menjadi dua golongan yaitu membran datar dan membran tubular. Membran datar dibagi menjadi tiga macam yaitu membran datar yang terdiri dari satu lembar, membran datar bersusun dan membran spiral bergulung. Membran tubular dibagi menjadi tiga macam yaitu membran serat berongga, membran kapiler dan membran tubular.

Daftar Pustaka :
Osada, Y dan Nakagawa T. 1992. Membran Science and Technology. Marcel Dekker. Inc, New York.
Mulder, M. 1996. Basic Principles of Membran Technology. Kluwer Academic Publisher, Netherland.
Wenten, I.G. 1999. Teknologi Membran Industrial. Teknik Kimia ITB, Bandung

0 komentar: